Jumat, 29 Juni 2012

Pesona Khas Batik Lawas

http://batikwarisanbudaya.blospot.com

Bagi penggemar setia batik, batik pusaka atau katakanlah saja batik kumal atau juga batik kusam (usang), memiliki pesona tersendiri. Bagi para kolektor, batik jenis ini bisa menjadi sumber kekayaan koleksi karena jenis dan motifnya yang sangat mungkin tidak akan ditemukan lagi saat ini.

Motif-motif lama dengan kain baru dan karya tulis dan lukis baru merupakan replica dan kopi dari motif lama (klasik) yang dimiliki batik-batik pusaka butuh waktu yang lama, keahlian dan kesabaran seorang pembatik guna membuat kopi dari motif baik klasik..

Meskipun dapat membuat kopian dari motif asli, sulit untuk membuatnya persis sama, karena proses kreatif dan suasana membatik sangat berpengaruh pada hasil karyanya. Sehingga, pasti ada bedanya, sedikit atau banyak. Meski berwarna kusam, belel bahkan sebagian sudah sobek disana sini, batik pusaka (usang, kusam) saat ini banyak dicari para pengrajin dan penjual batik. Para perajin batik rela blasukan ke desa-desa menemui si mbah-si mbah (para orang tua) yang memiliki koleksi batik kumal.

Pesona motif  batik terletak pada keaslian motifnya yang langka. Karena fisiknya yang kusam dan kumal, juga membuat nyaman untuk digunakan. Dipakainya jadi lebih adem dan halus. Meskipun sobek-sobek di beberapa bagian, tapi banyak yang menyukai karena motifnya yang langka. Jarang ada lagi motif klasik seperti ini sekarang. Batik baru biasanya masih agak kasar, apalagi kalau bahannya kurang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis komentar anda dengan singkat, padat..

Pandemi Covid 19 membuat Batik banyak yang Tertumpuk

Pandemi Covid 19 sangat berdampak pada semua sektor kehidupan. Usaha Batik Tulis oleh sebagian besar masyarakat di Giriloyo, Wukirsari, Imog...