Rabu, 04 Juli 2012

Batik Tulis Giriloyo Mahal?

Canting Cap
Sejumlah perajin Batik Tulis Giriloyo Desa Wukirsari Imogiri Bantul prihatin dengan penilaian konsumen bila karajinan itu harganya terlalu mahal. Padahal standar harga ditetapkan sesuai kualitas batiknya.
Perajin menganggap, konsumen tidak melihat dari sisi kualitas. Kenyataan itulah yang selama ini ditengarai sebagai penyebab seretnya perkembangan batik tulis di pasaran. Problem itu kini yang perlu segera diurai bila ingin batik terus eksis.
Selama ini konsumen baik lokal dan luar daerah menilai harga batik tulis mahal. Padahal batik tulis berbeda dengan batik jenis lainnya. Pemahaman itulah yang cukup menghambat batik tulis giriloyo di pasaran. Memang perlu penjelasan tentang batik tulis, baik dari aspek produksi awal hingga akhir, Namun memang tidak semua menilai seperti itu, banyak juga konsumen paham tentang batik. Bila sudah paham, konsumen mengakui batik tulis giriloyo memang berkualitas dan patut untuk diberi "harga" 
Harga Batik Tulis Giriloyo dengan bahan katun berkisar antara 150 ribu hingga 1 juta. Perbedaan harga itu sangat dipengaruhi oleh kerumitan proses dan motif Batik Tulis Giriloyo serta bahannya. Belum samanya persepsi akan batik tulis menjadi ganjalan untuk berkembang pesat dan perbedaan cara pandang konsumen dalam menilai batik ini sangat menghambat. 

Canting Tulis
Perlu diketahui bahwa batik itu ada beberapa macam atau jenis. Di antaranya adalah: Batik tulis , batik cap serta ada juga batik kombinasi antara batik cap dan batik tulis.
Ada juga kain bermotif batik. "Semua jenis itu sangat berbeda, masing -masing jenis punya karakter sendiri-sendiri, dan yang bisa disebut batik adalah kain yang telah diproses melalui rintang warna atau goresan canting tulis maupun canting cap, kuas dengan menggunakan malam sebagai perintang warnanya. Dan ini harus dibedakan, antara kain bermotif batik, kain cap batik dengan batik tulis, itu beda..

6 komentar:

  1. Jadi bedanya di mana pak?

    BalasHapus
  2. Perbedaan harga itu sangat dipengaruhi oleh kerumitan proses dan motif batik serta bahannya.
    Terimaksih..

    BalasHapus
  3. Bedanya di prosesnya.. Batik itu hand made, sedangkan kain Motif Batik itu belum tentu Batik, karna bisa jd fabrikasi, printing mesin, tdk melalui proses pewarnaan, canting, cap, peneguhan, nglorot dll

    BalasHapus
  4. Bedanya di prosesnya.. Batik itu hand made, sedangkan kain Motif Batik itu belum tentu Batik, karna bisa jd fabrikasi, printing mesin, tdk melalui proses pewarnaan, canting, cap, peneguhan, nglorot dll

    BalasHapus
  5. batik tulis dikerjakan dengan canting tulis. yang terbuat dari tembaga. empengan embaga dipotong sekitar 2 cm kemudian dibikin nyamplungan (tempat untuk menampung cairan lilin panas dan dibikin bulatan kecil sekitar 2 mili atau seukuran isi bulpoin dan berlubang, dan itulah yang disebut carat (tempat keluarnya lilin panas untuk digoreskan diataas kain (membatik)

    BalasHapus

Silahkan Tulis komentar anda dengan singkat, padat..

Pandemi Covid 19 membuat Batik banyak yang Tertumpuk

Pandemi Covid 19 sangat berdampak pada semua sektor kehidupan. Usaha Batik Tulis oleh sebagian besar masyarakat di Giriloyo, Wukirsari, Imog...