Kamis, 18 Desember 2014

GIRILOYO LESTARIKAN BATIK TULIS

Gazebo Batik Giriloyo
Dusun Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta berkomitmen untuk tetap melestarikan warisan budaya (Batik Tulis). di Dusun ini terdapat tak kurang dari 13 kelompok pengrajin Batik tulis yang tergabung dalam suatu wadah yang diberi nama Paguyuban Batik Tulis Giriloyo.
Paguyuban tersebut dipusatkan di kawasan wisata batik di desa Wukirsari. Ada sembilan (9) gazebo dan 1 Joglo-pendopo untuk kegiatan paguyuban Batik Tulis Giriloyo yang mempunyai lahan parkir bisa menampung 8 Bus besar.

Contoh Batik tulis Motif Sido Asih dengan warna sintetis
Belajar Batik di Gazebo
 Gazebo-gaezebo tersebut adalah untuk kegiatan membatik para wisatawan yang berkunjung untuk belajar batik singkat di sentra kerajinan Batik Tulis Giriloyo. Sedangkan satu Joglo yang berada di antara gazebo-gazebo tersebut adalah untuk menerima tamu kunjungan; study banding, rapat-rapat terbuka, dan untuk pelatihan-pelatihan bagi intansi atau lembaga yang membutuhkan. Bukan itu saja, tempat ini juga bisa digunakan untuk kegiatan outbond dan kemping bagi siswa-siswi maupun Mahasiswa.

Tempat ini (Gazebo Batik) terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta kurang lebih 17 Km dari pusat kota Yogyakarta dengan jalur yang sangat strategis dan terhubung dengan destinasi wisata di Kabupaten Bantul lainnya. Di antaranya adalah: Makam Raja-raja mataram di Imogiri, Makam Panembahan Juminah dan makam Sunan Cirebon di Giriloyo, Kebun Buah Mangunan, Gua Cermai, Pantai Parangtritis, Kerajinan Kulit atau tatah sungging (Wayang) dan kerajinan Bambu (Pucung-Wukirsari), Bendungan Tegal Kebonagung, Imogiri, kerajinan gerabah Kasongan.
Produk Batik yang terdapat di sentra Batik tulis Giriloyo ini 99% Batik Tulis klasik dengan pewarnaan Alam, meski ada satu dua batik Cap kombinasi tulis namun itu bukan merupakan produk sentra Batik Tulis Giriloyo dan hal itu dimaksudkan untuk komparasi serta pembelajaran bagi pengunjung agar bisa memahami dan membedakan mana batik tulis dan mana yang bukan batik tulis.
Lahan Parkir di Gazebo Batik giriloyo
Batik Tulis di sentra ini diproses dengan dua jenis Zat Warna. Yaitu warna alam dan warna sintetis (Naptol), namun kebanyakan mereka menggunakan pewarna alami. Untuk warna sintetis biasanya terbatas untuk warna biru dan coklat, atau kombinasi antara keduanya sehingga menghasilkan batik tulis warna sogan yang identik dengan batik klasik-tradisional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis komentar anda dengan singkat, padat..

Pandemi Covid 19 membuat Batik banyak yang Tertumpuk

Pandemi Covid 19 sangat berdampak pada semua sektor kehidupan. Usaha Batik Tulis oleh sebagian besar masyarakat di Giriloyo, Wukirsari, Imog...