Minggu, 26 Februari 2012

Belajar Batik Tulis di Giriloyo

Peserta Kunjungan Wisata/belajar Batik Tulis di Gazebo Batik Giriloyo

Paket wisata Batik di dusun Giriloyo memberi peluang dan berbagi pengalaman yang mengasyikkan, yaitu Belajar Singkat Membatik. Dalam  belajar ini peserta akan didampingi pemandu batik yang akan mengajari dan menjelaskan apa dan bagaimana cara membatik. Dari proses awal hingga proses akhir sampai berujud lembaran “Kain Batik”.
Anda akan diberikan sehelai kain putih (Mori)
yang akan anda batik sendiri, setelah itu anda diajak untuk memproses kain tadi mulai dari merendam dengan pewarna alam ataupun sintetis lantas dicuci beberapa kali dan kemudian dijemur (Proses mbabar) hingga menghasilkan sebuah “kain batik”  jadi, yang hasilnya bisa anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.
Dan jangan khawatir nanti lapar, karena kami akan menyiapkan snack dan makan siang masakan khas pedesaan Giriloyo ” Pecel Kembang Turi”  untuk anda nikmati bersama kolega atau keluarga anda.
Untuk paket ini diikuti minimal 5 orang.
Selain untuk masyarakat umum paket wisata ini cocok sekali untuk pelajar dan mahasiswa baik dalam/luar negeri yang melakukan “Studi Wisata” tentang batik. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh SDN I Kadipiro, Kasihan, Bantul, Yogyakarta sebanyak 106 siswa dari sekolah tersebut mengadakan Study Wisata Batik dan belajar Batik Tulis di Gazebo Batik Giriloyo yang didampingi oleh Bapak dan Ibu guru mereka serta dipandu oleh beberapa pengrajin Batik Tulis Giriloyo.. 
Mereka praktek membatik di atas media kain ukuran 30 x 30 Cm, setelah selesai dibatik kemudian diproses warna dengan pewarnaan sintetis (Naptol) yang dikerjakan oleh pengrajin Batik Tulis Giriloyo. sedangkan mereka (siswa-siswi) cukup melihat atau memperhatikan prosesnya sembari dijelaskan langkah-langkah serta ukuran (Gramisai) zat warna serta berapa air yang dibutuhkan untuk pencelupan warna. Setelah selesai pewarnaan dan kain telah kering, maka mereka-rombongan kembali ke sekolah dengan membawa kain hasil batiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis komentar anda dengan singkat, padat..

Pandemi Covid 19 membuat Batik banyak yang Tertumpuk

Pandemi Covid 19 sangat berdampak pada semua sektor kehidupan. Usaha Batik Tulis oleh sebagian besar masyarakat di Giriloyo, Wukirsari, Imog...